Sabtu, 28 Februari 2009

Jose Feliciano: che sara - what will be - terjadilah apa yang harus terjadi

Dear Sahabat Blogger,


Dahoeloe kala, semasa duduk di bangku SMA, saya memiliki sebuah kenangan tersendiri tentang "karir bermusik". Pada waktu itu, di antara tahun 1978 - 1981, Kota Kupang dilanda demam anak-anak muda yang berlomba-lomba mendirikan grup vokal. Selain karena alasan ingin mengekspresikan diri, ada satu alasan lain yang tidak terucap, yaitu anggota grup vokal digandrungi cewek-cewek. Ada dua posisi di group vokal yang "mudah mendatangkan cewek-cewek" .... eeehhhhmmmm ..... ha ha ha ha, yaitu vokalis dan guitar player....


Nah, saya kebetulan punya sedikit kemampuan pada posisi pemain gitar...dan memang harus diakui cukup ampuh untuk ..... yaaaa itu tadilah ..... he he he he ......tapi saya "terpaksa harus berbagi dengan sang vokalis. Nah, karena ada peluang untuk "lebih berkuasa", diam-diam saya mulai "menakar" kemampuan saya dalam hal bernyanyi....dan saya menyimpulkan sendiri bahwa .... saya cukup mampu ........ hi hi hi .... mengapa saya berkesimpulan demikian? karena diam-diam saya merekam suara saya sendiri setelah berlatih keras .... amat keras ..... agar bisa bermain gitar sekaligus bernyanyi...dua hal yang umumnya dirasakan sulit Dua lagu yang saya rekam itu adalah "kisah sedih di hari minggu" (Koes Plus) dan "che sara" milik Jose Feliciano. Tentang Koesplus, kita sama sudah maklum siapa mereka tetapi bagaimana dengan Jose Feliciano? Anak muda sekarang jarang mengetahui siapa orang ini.


Jose Feliciano adalah penyanyi Amerika Serikat yang lahir di Puerto Rico. Dia memiliki jejak karir d
an diskografi yang panjang dan cemerlang. Sejak berusia 3 tahun Jose telah menyanyi. Pada tahun 1963, ketika dia berumur 18, dia dikontrak oleh perusahaan rekaman RCA Victor. Sejak itu ratusan lagu, baik yang berbahasa Inggris maupun Spanish-Latin, telah direkam Jose Feliciano. Puluhan di antaranya "meledak" di tangga-tangga lagu dunia. Di tahun 1968 Jose Feliciano membuat album dan salah satu lagunya "Light My Fire" meledak hebat dan menduduki posisi 3 di US music chart. Pada tahun itu juga Jose menyanyikan lagu "the Star-Spangled Banner" - American National Anthem - menurut versinya. Ketika diedarkan tak disangka single ini berhasil menduduki posisi di 100 top hits Billboard selama lebih dari 10 minggu. Pada tahun 1970- Jose merekam lagu Natal “Feliz Navidad” - dan lagi-lagi Jose menciptakan sensasi. Lagu ini dicatat sebagai salah satu di antara 100 lagu Natal terbaik sepanjang sejarah. Tepatnya berada di posisi ke - 25.


Pada tahun 1971 Jose terbang ke Italia dan ikut ambil bagian dalam festival musik San Remo. Jose m
enjadi pemenang nomor dua bukan karena dia elek tetapi karena …… he is not the Italiano. Namun, ketika itu, hanya ada 1 penyanyi yang diberi standing ovation oleh para penonton. Dialah Jose Feliciano. Dan lagu yang dinyanyikan di festival itu adalah "Che Sara". Lagu ini kemudian direkam dan Jose mendapatkan kepopuleran yang luar biasa di Eropa dan Asia. Jose mencapai puncak ketenarannya. Salah satu penanda keberhasilan Jose adalah berhasil dimenangkannya 6 Grammy Awards serta puluhan penghargaan lainnya.


Di mana letak kehebatan Jose Feliciano? Pertama adalah suaranya memang berciri khas. Hal ini semakin menarik karena teknik bernyanyinya yang penuh dengan nada ketukan yang tidak penuh (singkup). Titi nadanya bisa berloncatan begitu indah, tanpa keseleo, di antara nada-nada rendah dan tinggi. Cara Jose bernyanyi ditiru oleh banyak penyanyi. Rasanya cara bernyanyi Ebiet G ADE ada dalam pola Jose Feliciano. Hal lain adalah, Jose bernanyi dengan hati. Tidak dibikin-bikin. Dan yang terpenting adalah ini: kebanyakan lagu yang diciptakan dan dinanyikan Jose adalah jeritan hatinya sendiri yang meskipun susah, sedih tetapi selalu optimis. Mengapa Jose susah? Jose Feliciano buta sejak kecil. So, terjadilah yang harus terjadi. Tuhan Maka Kuasa. dan Maha Adil. Di balik kelemahan seseorang, dibuatnya penuh kelebihan. That's we call CHE SARA. What ever Will Be Will be ....... as God sure to Love....


Click Judul lagu di bawah ini dan nikmati suara indah Jose Feliciano

Che Sara - Jose Feliciano
(versi rekaman)

Jose Feliciano-Che SarĂ 

(versi concert – konser di Italia 1971)

...dan maukah anda mengetahui "hasil perjuangan" saya untuk bisa bernyanyi sekaligus bermain gitar?????? ....... Not recording. Not Grammy Awards also ..... but ...... my dear wife ..... ha ha ha ha ha ha ha - che sara - what ever will be ..... will be la yauuuuuwwwww.......


Tabe Tuan Tabe Puan


10 komentar:

DR. Ir. L. Michael Riwu-Kaho, M.Si mengatakan...

"Che Sara" ny Jose Feliciano

Paese mio che stai sulla collina
Disteso come un vecchio addormentato;
La noia
l'abbandono
il niente
Son la tua malattia

Paese mio ti lascio
io vado via.

Che sara
che sara
che sara
Che sara
della mia vita
chi lo sa!
So far tutto o forse niente
da domani si vedra
E sara
sara quel che sara.

Gli amici miei son quasi tutti via

E gli altri partiranno dopo me

Peccato
perche stavo bene in loro compagnia
Ma tutto passa
tutto se ne va.

Che sara
che sara
che sara
Che sara
della mia vita
chi lo sa!
Con me porto la chitarra
e se la notte piangero
Una nenia di paese suonero.

Amore mio ti bacio sulla bocca
Che fu la fonte del mio primo amore

Ti do appuntamento
come quando non lo so

Ma so soltanto che ritornero.

Che sara
che sara
che sara
Che sara
della mia vita
chi lo sa!
Con me porto la chitarra
e se la notte piangero
Una nenia di paese suonero.

Che sara
che sara
che sara
Che sara
della mia vita
chi lo sa!
So far tutto o forse niente
da domani si vedra
E sara
sara quel che sara.

Anonim mengatakan...

aduh bagusnya lagu ni...(awang)

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha pak Mike ternyata.....ha ha ha ha...lagunya enak pak....tapi suara Pak Mike lebih bagus apalagi pas menyanyi lagu knocking on heavens door G N R (Xyrex- mhsw PLK-Faapet)

Anonim mengatakan...

hmmmm....good posting (Nuning)

Anonim mengatakan...

Ape Gu kate!!!

Dari Dulu juga Aye udah bilang kalo si mas ebiet gofar ade tu begurunya ame si hose peli si ano itu!!

(Budi Suto)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Jose Feliciano memang ajaib. Saya juga amat suka dia. Ada lagunya loving her was easier than anything rasanya paling merdu. Bisa di posting kah? (Eman)

Anonim mengatakan...

setuju...che sara memang lagu yang enak...jose is amazing...rasanya ada 1 lagi lagu nya yang indah banget, yaitu rain....bisa diposting? (Junan)

Anonim mengatakan...

Jose feliciano is amazing.....(Tiara)

Anonim mengatakan...

iya th...ebiet niruniru...pernah tuh si Ebiet niru lagunya Paul Anka...I don't like to sleep alone.....(Sischa)

Anonim mengatakan...

i love jose feliciano...dan i agree....lagu rain dari jose is the great song......(Wira)